Akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis], karena merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang memerlukannya. Semakin baik kita mengerti bahasa tersebut, maka semakin baik pula keputusan kita, dan semakin baik kita didalam mengelola keuangan. Untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut, maka digunakanlah laporan akuntansi atau yang dikenal sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan suatu perusahaan biasanya terdiri atas empat jenis laporan, yaitu, neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.
- Neraca, adalah daftar yang sistematis dari aktiva, utang dan modal pada tanggal tertentu, yang biasanya dibuat pada akhir tahun. Disebut sebagai daftar yang sistematis, karena neraca disusun berdasarkan urutan tertentu. Dalam neraca dapat diketahui berapa jumlah kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban serta kemampuan perusahaan memperoleh tambahan pinjaman dari pihak luar. Selain itu juga dapat diperoleh informasi tentang jumlah utang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik yang ada didalam perusahaan tersebut.
- Laporan laba rugi, adalah ikhtisar mengenai pendapatan dan beban suatu perusahaan untuk periode tertentu, sehingga dapat diketahu laba yang diperoleh dan rugi yang dialami.
- Laporan perubahan modal, adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal untuk periode tertentu, mungkin satu bulan atau satu tahun. Melalui laporan perubahan modal dapat diketahui sebab-sebab perubahan modal selama periode tertentu.
- Laporan arus kas, dengan adanya laporan ini pemakai laporan keuangan dapat mengevaluasi perubahan aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan (termasuk likuiditas dan solvabilitas) dan kemampuan perusahaan didalam menghasilkan kas dimasa mendatang.
2 komentar:
Dalam artikel bunda terlihat bahwa laporan akuntansi atau yang kren di sebutkan laporan keuangan. Laporan ini dibuat untuk kepentingan internal maupun eksternal kaitan dengan untuk mengevaluasi kemampuan perusahaan tersebut. Agar laporan keuangan ini dapat di mengerti oleh pihak eksternal terutama mereka - mereka yang kurang faham terhadap laopran keuangan ini, kira - kira bentuk peloporan seperi apa yang bisa dapat dimengerti oleh semua orang ?
Sore Mbak,
aku lg bingung ne...
aku dimintai tolong sama camer u bikin laporn keu. yang bikin aku bingung itu adalah ttg laporan perubahan modal.apakah laba yang kita masukkan pd laporan perubhan modal itu, laba bersih setelah pajak penghasilan ato laba bersih sebelum pajak penghasilan?
please ya Mbak, aku buth bangets ne...Thank u so much 4 ur kind help.
B'Rgds/ Westri
Posting Komentar